Wednesday 24 September 2014

Kalau Anak-anak Minum Kopi Bisa Tumbuh Kumis

Assalamu'alaikum. Selamat Malam. Terimakasih sebelumnya telah berkunjung ke blog saya.

Teringat masa kecil dahulu ketika apa(bapak) saya sedang membuat kopi. Sewaktu saya memiliki wajah 'imut-imut' dulu kopi yang biasa dikonsumsi orang-orang mah kopi yang serbuk-an yang gulanya terpisah, jadi ketika membuatnya harus dicampur dahulu dengan gula pasir agar tidak terasa pahit, dan anehnya itu kopi meski susah membuatnya tapi penggemarnya tidak sedikit, khususnya di kalangan bapak-bapak di lapau (Di daerah saya 'Minang' ke Lapau adalah aktivitas harian yang dilakukan kalangan pria dewasa dalam kesehariannya sebelum memulai rutinitas kerja harian). Beda dengan kopi sekarang yang beraneka rasa mulai dari rasa original, mocca, coklat, white coffe, anggur, jeruk, lemoh,?? Yang untuk membuatnya tinggal cemplungin ke gelas dan dikasi air panas secukupnya sudah jadi alias instan.

Dahulu waktu masih kecil ketika si bapak membuat kopi saya sering memperhatikan cara membuatnya dan ujung-ujungnya minta dikit.
Namun biasanya tidak diizinkan karena tidak baik untuk anak-anak. Dan yang cukup membuat niar saya urung untuk merasakan kelezatan itu kopi yang membahana adalah pernah dibilang oleh ibu kalau anak-anak minum kopi bisa tumbuh kumis. Tidaaakk... dan ujung ujungnya saya tidak mau meminum kopi. Kandas sudah niat sang bocah untuk menikmati kelezatan minuman yang ditemukan oleh para pendahulu sekitar tahun 1000 SM(sebelum mahasehi) oleh suku di Afrika Timur. Coba bayangin kalau anak-anak kecil seumuran 4 tahun memiliki kumis! *Gak lucu.

Itu kan dulu. Sekarang saya mah sudah bebas menikmati kopi kapanpun dan dimanapun. Tapi dengan tidak melebihi batas yang dianjurkan.

Bertolak dari kisah tragis diatas*, ternyata kopi memiliki manfaat yang berguna bagi kita khususnya anak muda yang jomblo. Hehe
"Untuk jomblo? Serius lo Brohh?". Gak usah gitu juga kali masbram. Ya sudah, emang apaan sih itu kopi? apa aja manfaatnya kalau gitu? Sini sama om. Cekibroot :


Berikut adalah mengenai kopi yang saya kutip dari situs manfaatkopi.com :
Ketabrak Coffe. Sumber gambar: pulsk.com

Kopi merupakan suatu jenis minuman berwarna hitam pekat yang mampu memberikan cita rasa unik bagi yang meminumnya. Bahkan tidak sedikit orang menjadi kecanduan karena cita rasa kopi karena adanya kandungan kafein yang terdapat dalam kopi itu sendiri. Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.
 
Jika seseorang sudah kecanduan dengan meminum kopi akan merasakan hari mereka akan tidak lengkap tanpa meminum kopi. Apakah benar demikian? Jawabannya ada pada diri kita sendiri penikmat kopi.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Dari informasi yang saya baca di beberapa media internet ternyata manfaat kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara baik dan tidak berlebihan. Meminum kopi dalam satu hari cukup 1 – 2 cangkir kita sudah mendapatkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat nya? berikut penjelasan manfaat kopi bagi kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke.
Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari. ( Baca disini: Manfaat kopi bagi wanita ).

Kopi bermanfaat mencegah penyakit kanker dan diabetes.
Dari hasil riset yang dilakukan oleh peneliti diseluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengonsumsi kopi.
Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, selain itu manfaat kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dan sebagainya.


Kopi dapat mencegah resiko kanker mulut dan melindungi gigi.
Senyawa yang terdapat dalam kopi bermanfaat mencegah terjadinya resiko kanker mulut, membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

Kopi sebagai pembangkit Stamina dan energi ekstra.
Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, naiknya tekanan darah.

Kopi dapat mengurangi rasa sakit kepala
Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

Kopi mengatasi perubahan suasana hati dan depresi.
Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

Nah.. begitulah. Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan kalau kopi itu ternyata bermanfaat. Contohnya kalau lagi stress karena tugas yang tak kunjung kelar karena keasikan main game. Atau kala lagi galau karena uang bulanan habis sementara kebutuhan banyak yang harus dipenuhi? Tinggal seduh kopi terus nongkrong di kamar mandi sambil menatap ke atas yang tampak atap kosan yang bolong kan berasa like a boss?
Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak dianjurkan minum kopi secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping juga. Sekian. Terimakasih sudah berkunjung



***udate : ketika saya melihat popular post di blog saya ini ternyata popular post adalah teman ini. Kemudian ketika saya mencari di mesin pencarian google dengan keyword "Minum Kopi Bisa Tumbuh Kumis", ternyata yang muncul pada pencarian teratas adalah konten ini. Mohon maaf apabila isi konten ini tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Sejauh pengetahuan saya belum pernah baca kalau minum kopi bisa mempercepat tumbuh kumis. Sekiranya nanti ketemu, insya Allah akan di tambahkan ke tulisan ini. Judul tulisan ini sudah ibarat judul berita di situs berita internet, judul sama isinya kadang gak nyambung, haha. Terimakasi sudah mampir.

0 comments :

Post a Comment

Tuliskan komentarnya jika hal ini bermanfaat bagimu, atau sanggah jika ada kesalahan :)