Tuesday 7 April 2015

Pernah Berfikir Menjadi DBA

Sekitar 3 semester yang lalu seorang teman pernah bertanya "Nanti setelah kau lulus ingin menjadi apa?"
Kemudian dengan enteng saya menjawab, "Saya ingin menjadi Database Administrator"
"Untuk apa kau menjadi DBA. D3 aja bisa menjadi DBA, lah kita ini S1", Sanggahnya.

gambar : google
Dalam mata kuliah Business Intelligence dosen saya pernah berkata bahwa diluar negri sana sistem informasi untuk S1 ketika lulus mereka tidak semena mena dapat menjadi seorang system analyst. Biasanya kalau untuk menjadi ahli dalam bidang sistem informasi seseorang itu hendaklah melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Sedangkan untuk S1 jurusan sistem informasi seseorang itu lebih berfokus kepada database

Saya tidak tahu apakah ini kesalahan dalam hal akademis di kampus saya apa memang sejatinya untuk sistem informasi tidak ada satuan yang baku untuk jenjang S1. Tetapi selama masa perkuliahan dosen kami sering memotivasi bahwa untuk menjadi seorang yang ahli dalam sistem informasi tidak harus mentah-mentah pandai dan berfokus dalam pengkodean program. Kami lebih ditekankan untuk menjadi seorang manager dalam sebuah pengembangan sistem. Sungguh sebuah motivasi yang tidak mudah diterapkan (bagi saya pribadi).

Menilai dari kemampuan yang ada sekarang, cukuplah dapat dihitung mata kuliah yang mampir dibenak ini, apalagi sudah tidak diulang-ulang mempelajarinya.

Bertolak lagi mengenai database administrator diatas. Pekerjaan seorang admin database tidaklah semudah yang saya bayangkan atau teman saya bayangkan sebelumnya. Seorang DBA hendaklah menguasai beberapa kualifikasi seperti sistem jaringan dan pemrograman, terkhususnya dalam pemrograman database SQL. Selain harus menguasai pemrograman SQL seorang DBA hendaklah mampu memimpin sebuah team. Karena dalam bekerja seorang pengelola database tidak dapat bekerja sendirian, namun dibantu oleh rekan-rekan lain dalam satu team, apalagi database tersebut berskala besar. Database yang besar juga berurusan dengan server.

Berdasarkan sumber dari wikipedia seseorang DBA hendaklah menguasai beberapa kill berikut :
  1. Communication Skill
  2. Knowledge of Database Design
  3. Knowledge about RDBMS. e.g Microsoft SQL Server or MySQL
  4. Knowledge of Structured Query Language (SQL)
  5. General understanding of distributed computing architecture. e.g Client-server Architecture
  6. General understanding of Operating System. e.g Linux, Windows
  7. General understanding of Storage technologies and Networking
  8. General understanding of routine maintenance, recovery, and handling of failover database


dan ditambah lagi biasanya yang diterima bekerja sebagai DBA adalah bujangan. Lah, masa nanti. *Skip*.


Untuk mendapatkan integritas sebagai seorang DBA juga tidak dapat hanya bermodalkan ijazah lulusan dari universitas. Sertifikat khusus pun hendak dimiliki agar mudah diterima bekerja sebagai seorang database administator seperti sertifikat RDBMS berikut (dari wikipedia) :
  • IBM Certified Advance Database Administrator 
  • IBM Certified Database Administrator
  • Oracle Database 11g Administrator Certified Professional
  • MCSA SQL Server 2012
Masih ada beberapa sertifikat ahli yang belum disebutkan diatas.

Adapun tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh seorang database administrator adalah sebagai berikut (wikipedia) :

  1. Menginstall dan mengupgrade database server dan application tools
  2. Mengalokasikan sistem penyimpanan dan merencanakan kebutuhan untuk sistem database kedepannya
  3. Memodifikasi struktur database
  4. Memeri izin akses untuk user dan memperbaharui sistem keamanan
  5. Memastikan sudah memenuhi persetujuan lisensi terhadap vendor database
  6. Mengontrol dan memantau akses user terhadap database
  7. Memonitor dan mengoptimasi performa dari database
  8. Merencanakan backup dan recovery informasi database
  9. Memperbaharui arsip data
  10. Mem-backup dan restore database
  11. Menghubungi database vendor untuk technical support
  12. Menghasilkan berbagai laporan dengan menyangsingkan database sesuai degan kebutuhan


Sebagai seorang admin database sejatinya terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari junior hingga konsultan. Dan alangkah mudahnya diterima dalam pekerjaan apabila memiliki sertifikat professional. Sepertinya untuk berkarir dibidang ini pasca kuliah hendak menguasai database dan berfokus untuk mendapatkan salah satu sertifikat diatas. Sepertinya biaya yang dikuras untuk mengikuti pelatihan dan tes kelulusan untuk mendapatkan sertifikat tersebut tidaklah sedikit. Bisa jadi kalau dibuat untuk membuka usaha bisa terbuat satu ruko warung makan. Bisa jadi.

Melihat berbagai gambaran bekerja sebagai seorang DBA sungguh kemampuan saya masih sangat minim, apalagi semasa kuliah basis data tidak begitu mahir. Namun masa depan siapa yang tahu. Fokus sekarang adalah lulus kuliah, dan untuk karir kedepannya banyak orang bilang tidak akan sesuai dengan bidang ilmu yang kita pelajari di masa perkuliahan. Namun alangkah bagusnya kalau karir kedepan sesuai dengan bidang ilmu yang kita kuasai, bisa-bisa menjadi seseorang professional bahkan sebagai seorang konsultan dibidangnya.


Sekian. Terimakasi sudah membaca. 





14 comments :

  1. Artikelnya menarik, mz. Saya dari jurusan Teknik Informatika semester 3, memang bru diterangkan tth Sistem Basis Data. Ngeliat materinya yah.. harus ngerti konsep dan model. Pengetahuan saya benar" minim, apalagi pemahaman ttg pemrograman dan berkonsep masihlah minim. Dan belum tau menau tentang semacam Oracle, DB2, dll.. it's something new.
    Tp ga tau kenapa kok tertarik jadi DBA yah? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap itu mas, berhubung baru smester 3 didalamin aja kalau emang tertarik ke area itu
      Database kan sekarang udah banyak toolsnya macam sqlfont, phpmyadmin, dll. Jadi tak mutlak harus ngoding. Untuk konsep sih asal ngerti tata cara relasi untuk database relational udah bekal itu, hehe

      Semangat aja mas, mumpun masih mudah :D

      Delete
  2. thanks gan , ilmu yg bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Terimakasih kak artikelnya bermanfaat, sukses terus ya kak aaamiiin :).

    ReplyDelete
  4. Setuju saya mas, kebetulan saya sekarang seorang mahasiswa yang lagi gencar-gencarnya memilih pekerjaan apa yang sekiranya saya hadapi setelah lulus. Pernah terbenak dipikirian saya ingin menjadi programmer , programmer apa ? DBA adalah keputusan saya, saat ini memang fokus kuliah agar bisa lulus dulu, selanjutnya ingin ngambil sertifikat OCA/OCP semoga bisa berjalan lancar. Sebelum memulai kursus dan sambil kuliah menanti sebuah kelulusan biasanya saya sering ngetutor dikantor tentang Database, fokusnya di oracle sih di PL Sql dan Oracle Apex 11g ke apex 5. Melihat artikel mas Faris ternyata banyak juga ya yang harus diketahui terutama dari segi jaringan, yaa step by step lah ya .... sambil berjalan aja, yang penting fokus di DBAnya dulu, biasanya sih yang lain2nya sambil berjalan hhihihihi .... BTW thx ini artikelnya bagus dan membuat kami lebih terbuka tentang dunia IT khususnya Database dan Jaringan. Sukses selalu mas

    ReplyDelete
  5. Bagus gan artikelnya. Menarik

    ReplyDelete
  6. Kursus terbaik database dijabodetabek, dimana ya?

    ReplyDelete
  7. mantap gan,kebetulan saya semester 3 dan mulai tertarik dengan dba.memotivasi sekali.
    jatuh bangun memang kalau bicara soal dba.Banyak hal yang harus dikuasai.mengingat memang tanggung jawab seorang dba itu sangat besar karena mengelola db suatu perusahaan.

    ReplyDelete
  8. kakk, apakah kakak ada email atau kontak yang dapat dihubungi?? saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai DBA ini kakk tolongg saya dikasih tugas dari kampus T^T

    ReplyDelete
  9. W masih smp dah mikirin kek gini

    ReplyDelete

Tuliskan komentarnya jika hal ini bermanfaat bagimu, atau sanggah jika ada kesalahan :)