Saturday 25 April 2015

Pengalaman Gaptek : Belanja Online

Keliatan banget bego nya ane ketika belanja online. Kejadian ini terjadi minggu lalu ketika memesan salah satu tas buat mudik liburan kuliah nanti di salah satu toko onlie. Sebut saja Blibli *ini mah bukan inisial lagi, emang nama tokony
a itu*.

gambar : google
Alkisah minggu lalu saya iseng-iseng liat barang di toko onlie. Beberapa toko online sudah ditelusuri dan survei harga. Di toko A barangnya bagus dan harga lumayan, namun ongkirnya minta ampun, di toko B barangnya bagus dan harga lumayan murah tapi tasnya terkesan buat gaya-gayaan. Kemudia cek di toko Blibli ternyata kriteria tas yang dibutuhkan cocok dan harganya-pun murah *maklum namanya juga mahasiswa, pengen cari barang harga kaki lima namun kualitas bintang lima*. Ditambah lagi fitur freeongkir se-Indonesia dari Blibli, mantap lah. Kemudian saya putuskan untuk memilih tas di sana. Harganya juga cukup murah, ya berimbang lah dengan kualitas, mungkin lagi promosi maka harga sedikit dimurahin. 

Setelah lihat detail barang serta spesifikasinya saya memutuskan untuk memesan tas tersebut. Ketika memesan barang terdapat beberapa pilihan metode pembayaran, yaitu internet banking, kartu kredit, transfer, dan uang elektronik. Berhubung dari daftar tersebut cuman bisa membayar dengan transfer (Bank BCA dan Mandiri), saya memilih transfer BCA, maka saya pilih dengan metode itu. Setelah selesai dengan urusan pilihan pembayaran, notif order pun muncul ke dalam email saya, dan saya harus melakukan pembayaran selambat-lambatnya 1X24 Jam. Jika tidak melakukan pembayaran maka pemesanan barang akan otomatis dibatalkan oleh sistem. Sore harinya kemudian saya melakukan transfer ke nomor rekening BCA yang saya dapatkan dari email. Setelah pembayaran berhasil saya lakukan melalui ATM bersama kemudian saya cek web, namun pembayaran yang saya lakukan belum diverifikasi. Laman web buat konfirmasi pembayaran saya pun tidak ada. Nah disini keliatan banget ane bego nya. Kemudian saya periksa panduan belanja di Blibli lagi dan saya temukan adanya istilah "virtual account Bank". Selama pemesanan online baru kali ini saya nemu yang namanya istilah virtual account, sebelumnya juga pernah belanja onlie di beberapa toko tapi pembayaran hanya dengan transfer biasa. Maklum lah dari dusun, asing dengan istilah virtual account hehe. 
Setelah baca-baca tata cara belanja online di Blibli kemudian saya bingung. Apakah saya salah metode pembayaran?

Saya putuskan untuk mengubungi CS via telpon namun panggilan tidak terhubung. Kemudian cek di web ternyata ada Live Chat, disana saya bertanya perihal apakah metode pembayaran saya salah atau bagaimana :

Asli begonya. Haha

Sebenarnya chat mesra pertanyaan saya kepada CS tersebut masih panjang, cukup cuplikan saja saya tampilkan. Menurut saya CS Blibli nya ramah dan sangat respon. 
Ternyata metode pembayaran yang saya lakukan sudah benar. Ketika saya periksa metode pembayaran virtual account ada menu khusus pembayaran virtual account lewat BCA, hal ini yang membuat saya bingung. Tetapi sejatinya pembayaran dengan virtual account sama saja dengan metode transfer biasa. 

Virtual account ini merupakan layanan bank yang diberikan kepada end-user sebagai cara untuk memudahkan transaksi pembayaran. Virtual account hanya berlaku untuk satu kali pembayaran, jadi nomor rekening akan berbeda-beda untuk setiap transaksi. Pada gambar alamat virtual account untuk saya melakukan pembayaran adalah 902884xxxxx, dan berlaku hanya untuk pembayaran saat itu. Virtual account ini sangat memudahkan perusahaan untuk verifikasi pembayaran serta dapat di transfer dari rekening bank lain. 
Sekarang barang saya beli sudah diterima dan datang tepat waktu.

Setidaknya hal ini menjadi pelajaran bagi saya sendiri, biar kedepannya tidak lagi asing dengan istilah-istilah tersebut. Apalagi sekarang sudah eranya e-commerce, dimana-mana transaksi pembayaran sudah sangat canggih. *sok tau*

cukup sekian, terimakasih sudah mampir.

4 comments :

  1. berarti belanja di blibli bisa via transfer atm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Tinggal transfer aja ke no. Rekening tercantum saat selesai melakukan pemesanan.

      (Lah, kok saya serasa jadi cs-nya ya, hehe.)

      Delete
  2. Tanya kak. Kalo transfer ke virtual account lewat internet banking gimana sih? Apa ada langkah khusus yg beda dg kalo transfer ke rek biasa?

    Cos saya barusan transfer dari BRI internet banking ke rek virtual account yg diberikan toko online, eeeh transaksinya gagal tapi saldo tetap terpotong. Dan biasanya kalo sudah gini uangnya ga bakal balik cos muter2 di birokrasi bank (pengalaman dulu dari internet banking BRI bayar BPJS emak).

    Padahal perasaan langkah2 yg dilakukan sudah sesuai prosedur sampe akhir. ;_;

    ReplyDelete
  3. makasih kak udah share pengalamannya

    scania k250ub

    ReplyDelete

Tuliskan komentarnya jika hal ini bermanfaat bagimu, atau sanggah jika ada kesalahan :)