Wednesday 14 October 2015

Ternyata Ini Produk Indonesia

Sudah tidak diragukan lagi produk tas bernama 'Eiger' terkenal dengan ketahanan serta desainnya yang apik banyak digunakan oleh kalangan pemuda terkhususnya pecinta outdoor.

Beberapa hari lalu iseng-iseng tanya teman, "Bro, eiger itu bikinan mana?", "Kayaknya luar negri". Dari jawaban teman itu saya ambil kesimpulan, "Benar juga".

Berhubung rasa ingin tahu ane lumayan gede dan zaman sekarang didukung pula dengan kemudahan akses informasi saya ketiklah itu kata pencarian di gugel dengan pertanyaan seperti orang idiot "produk eiger bikinan mana?". Dan sekejap muncul beberapa hasil pencarian dan saya buka link nya. Simsalabim, ternyata Eiger adalah produk asli Indonesia asal Bandung yang didirikan oleh bapak Ronny Lukito (Lahir 15 Januari 1962). Doi ternyata bukan orang berpendidikan tinggi. Beliau lulusan STM/Sekolah Teknologi Menengah. Semasa sekolah beliau sudah terbiasa berjualan, maksud saya berdagang. 

Terlahir dari keluarga yang cukup sederhana, dengan sang bapak berjualan tas olahan sendiri, dari sana beliau mulai berfikir keras dan berusaha mengembangkan produknya dengan modal sekian dan memasarkannya pada beberapa toko. Meski order yang didapat sedikit, beliau terus mengembangkan produk tersebut. Berbagai upaya beliau lakukan seperti mengikuti seminar dan menyewa jasa seorang konsultan diakrenakan tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai manajemen dan keuangan.


Eiger pertama kali diproduksi tahun 1993, nama Eiger diambil dari sebuah gunung di Swiss.


Ternyata beberapa produk tas ternama lain yang sering saya/kawan jumpai juga satu induk dengan perusahaan bapak Ronny ini seperti Bodypack, Exsport. Ada lagi nama produk lain seperti Norwand, Morphosa, World Series, Ekstrem, Vertic, Domus Danica, serta Brocklyn.

Adapun perusahaan beliau bernama PT. Eksonindo Multi produk industri yang pemasarannya sudah meramabah keluar negri seperti Libanon, Singapura, Filipina, Jepang.

Sampai sekarang produk Eiger sudah bermacam-macam jenisnya sepeti dompet, sarung handphone, sepatu, dan lain lain


***

Referensi http://www.biografiku.com/2013/01/biografi-ronny-lukito-pengusaha-tas.html

1 comment :

Tuliskan komentarnya jika hal ini bermanfaat bagimu, atau sanggah jika ada kesalahan :)